Cara membuat jaringan komputer sederhana dengan Virtual box


  1. Pertama - tama pastikan bahwa komputer anda sudah terinstall virtual box jika belum bisa langsung download disini https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads.
  2. Jika anda sudah menginstall virtual box, sekarang anda perlu menginstall sistem operasi pada virtual box (yang belum tahu caranya Next post) yang akan saya contohkan ini adalah menggunakan Windows 7.
  3. Buka virtual box, pada pilihan windows 7 lalu klik setting pada toolbar diatas atau bisa klik kanan pada sistem operasi yang sudah terinstall(windows 7) lalu pilih setting seperti gambar dibawah ini.




  4. Lalu akan muncul jendela baru Windows 7 - setting, lalu pada submenu disebelah kiri klik Network seperti pada gambar dibawah ini.

  5. Pada Adapter 1 klik kotak disebelah tulisan Enable network adapter untuk menyalakan adapter lalu pada menu dropdown attached to pilih Host-only adapter dan pada menu dropdown Name pilih Virtualbox host-only adapter lalu klik Ok.



    Note :
    - NAT (Network address translation) : Setting NAT memungkinkan layanan internet host(komputer yang diinstall virtualbox) dapat dipakai oleh guest(OS yang terinstall di virtualbox) tanpa memerlukan pengaturan lebih lanjut.

    - Bridged adapter : Memungkinkan OS guest terhubung kejaringan yang digunakan host dengan cara mengatur IP address dan guest akan terlihat dijaringan luar sama seperti host.

    - Internal Network : Hampir sama dengan bridged adapter.

    - Host-only Adapter : Hanya menghubungkan komputer host dengan guest.

  6. Klik Start pada toolbar diatas dan sambil menunggu Win7 guest booting, kita konfigurasi dulu IP address untuk host dengan masuk ke Network and Sharing Center dan klik Change Adapter Settings dan double klik pada Virtualbox Host-Only Network.



    note :

    Ethernet Host-Only Network otomatis ditambahkan pada salah satu ethernet host ketika Virtualbox di install di komputer dan berguna ketika kita memasang network host-only adapter pada pengaturan OS guest. 

  7. Akan muncul jendela Virtualbox Host-Only Network Status lalu klik Properties lalu pada jendela Virtualbox Host-Only network Properties, double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) seperti pada gambar. 



  8. Klik pada Use the following IP address, lalu atur IP nya, seperti pada contoh saya berikan IP address 192.168.1.1 pada host lalu klik Ok.


  9. Sekarang atur IP address pada guest dengan masuk ke Network and Sharing Center dan klik pada  Change adapter settings dan klik Local area conection.



  10. Pada jendela Local area conection properties , klik Properties lalu double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) klik pada Use the following IP address dan atur IP addressnya, pada guest saya berikan IP address 192.168.1.2 (255.255.255.0) dan klik Ok.


Sekarang kita sudah berhasil membuat jaringan sederhana menggunakan virtualbox, untuk  mengujinya coba lakukan perintah ping dari Host ke Guest atau sebaliknya jika berhasil akan ada reply seperti dibawah ini.



Semoga bermanfaat.., jika ada kesalahan atau masih bingung tolong di comment agar saya bisa mengoreksinya atau membantu menerangkannya.

0 Response to "Cara membuat jaringan komputer sederhana dengan Virtual box"

Post a Comment