Cara sharing folder

Pengertian Sharing Folder dan manfaatnya


Sesuai dengan namanya, sharing folder adalah suatu folder maupun drive tertentu yang dibuat pada suatu PC dan dapat di akses secara bersama - sama oleh komputer yang terhubung ke jaringan yang sama. Beberapa manfaat dengan dilakukannya sharing folder adalah :

  • Memudahkan didalam pengelolaan/management folder/drive pada jaringan
  • Dengan sharing folder, kita tidak perlu mencopy suatu file/folder dari satu komputer kedalam media penyimpanan (flashdisk, disket, cd, dll) untuk selanjutnya kita buka pada komputer lainnya
  • Sentralisasi drive (floppy & cd-room) untuk selanjutnya di sharingkan


Berikut adalah langkah - langkah tambahan yang bisa dilakukan sebelum melakukan Sharing file and printer.
  1. Masuk Control Panel, lalu klik Network and Sharing Center.
  2. Klik Change Advanced Sharing Network, lalu pastikan Password protected sharing pada pilihan Home or Work Public (tergantung pada jaringan mana anda sharing file) pastikan bahwa pilihan Protected password sharing pada pilihan Turn off.



Sharing Folder

Langkah - langkah :
  1. Pilih folder yang akan di sharing, yang akan saya contohkan saya akan sharing salah satu folder lagu saya. Pada folder yang akan di sharing klik kanan lalu arahkan kursor pada pilihan Share with lalu pilih Spesific people..(atau jika anda mempunyai / tergabung di homegroup dan ingin sharing folder sesama anggota bisa pilih pilihan yang diatas).

  2. Pada jendela baru yang terbuka anda disuruh untuk mengisi kepada siapa folder itu di sharing dan tingkat wewenangnya terhadapa folder tersebut, klik segitiga kebawah untuk melihat menu dropdown, lalu pilih everyone atau anda juga bisa pilih pilihan yang lain sesuai kepada siapa anda sharing folder(guest, Create new user) lalu klik add, tapi agar memudahkan bisa pilih everyone dan atur permission levelnya sesuai diinginkan (read, read & write) dan klik share.
  3. Jika berhasil akan aka ada pesan "your folder is shared". Sekarang anda suda berhasil melakukan sharing folder.

Melihat Folder yang sudah di shared

  1. Pada komputer B masuk My computer, lalu klik pada kotak addressnya dan tuliskan nama komputer A, yang saya contohkan diatas komputer A bernama BANGUNH-PC atau juga bisa menulisan IP address komputer A, penulisannya harus disertai \\ sebelum menuliskan nama pc (contoh : \\BANGUNH-PC) lalu tekan enter. Untuk yang belum tahu cara melihat, mengganti nama komputer bisa dilihat pada post saya berikutnya
      1. Jika berhasil folder yang dishare tadi akan muncul.



      Semoga bermanfaat dan jika ada kesalahan / pertanyaan bisa di comment agar saya bisa membenarkannya.




      2 Responses to "Cara sharing folder"

      1. Min setelah kita masukkan nama komputer A, kemudian enter, terus folder yang kita share tidak muncul kira-kira solusinya seperti apa? Langkah 2 "Melihat Folder yang sudah di shared"

        ReplyDelete