Cara mengembalikan / recovery file yang di delete secara permanen

Mungkin kita pernah tidak sengaja menghapus file - file di komputer, flashdisk, maupun micro sd dan kita ingin mengembalikannya. Banyak software - software recovery yang dapat mengembalikan file yang terhapus, salah satunya adalah recuva. Pada artikel ini akan akan di perlihatkan cara membuat mengembalikan file yang di delete menggunakan software recuva.

Recuva



Recuva adalah solusinya, Recuva merupakan software besutan piriform yang memiliki tampilan yang cukup bagus menurut saya sebagai aplikasi freeware/gratis dan support banyak bahasa termasuk bahasa indonesia. Tampilan recuva cukup mudah di mengerti atau yang biasa disebut user friendly dan memiliki fitur seperti simbol dengan 3 warna (hijau, kuning, dan merah) disamping nama file yang menandakan keadaan file tersebut dan juga memiliki keterangan secara detail tentang file tersebut dan yang paling menarik menurut saya, recuva support dalam bentuk installer yang harus di install dulu maupun portable yang langsung bisa digunakan tanpa harus menginstall. Recuva dapat melakukan recover data dari komputer, flashdisk, micro sd, dan dll.

Jika dilihat dari halaman recuva, software ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :
  • Recuva dapat melakukan recovery pada file gambar, musik, dokumen, video, email atau jenis file lain yang telah hilang. Dan beberapa media yang dapat dilakukan recovery adalah kartu memori, hard drive eksternal, USB stick dan banyak lagi
  • Recuva dapat memulihkan file dari drive yang rusak atau baru diformat
  • Recuva memiliki mode deep scan yang dapat menemukan jejak file yang telah dihapus
  • Memiliki fitur secure overwrite yang memastikan file Anda tetap terhapus. Fiture ini berfungsi untuk yang ingin menghapus file secara permanen
Download recuva installer  : http://www.piriform.com/recuva/download/standard  (3 MB)

Download recuva portable  : http://www.piriform.com/recuva/download/portable (3 MB)

Berikut adalah cara recovery file yang di delete menggunakan recuva :
  1. Install dulu recuva bagi yang men-download recuva installer atau langsung buka recuva bagi yang portable
  2. Pilih drive dimana letak file yang ingin di recover, lalu klik pindai/scan dan tunggu hingga selesai.
  3. Setelah muncul hasilnya, cari file yang akan di recover lalu klik kanan dan klik  "Pulihkan yang disorot" / "Recover highlighted"  lalu pilih dimana letak filenya akan disimpan, klik "OK"






    Mudahkan, semoga bermanfaat :)





    0 Response to "Cara mengembalikan / recovery file yang di delete secara permanen"

    Post a Comment