Cara mengaktifkan user account administrator built in di windows 7

Seperti yang kita ketahui, di dalam windows terdapat beberapa tipe account yang menandakan kedudukan user tersebut saat menggunakan komputer. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa tipe account yang terdapat windows 7

Administrator built in : sepertinya namanya built in, account ini sudah ada sejak windows pertama kali diinstall, account ini merupakan account yang memegang izin tertinggi di windows 7, account ini tidak diminta konfirmasi oleh UAC (user account control) saat mengakses sesuatu yang membutuhkan izin admin / melakukan perubahan terhadap komputer.

Administrator             : Merupakan account yang kita buat saat pertama kali menginstall windows (saat memasukan nama user) dan pemegang izin tertinggi kedua setelah admin built in, account ini diminta konfirmasi terlebih dahulu sebelum mengakses sesuatu yang membutuhkan izin admin / melakukan perubahan terhadap komputer.

Standart user             : merupakan account standart yang memerlukan izin salah satu account diatas untuk dapat mengakses sesuatu yang membutuhkan izin admin / melakukan perubahan terhadap komputer.

Guest                          : sama seperti artinya "tamu", account ini di peruntukan bagi seseorang yang ingin memakai komputer kita, tidak memerlukan password namun sama seperti standart user memerlukan izin dari salah satu account 2 teratas untuk dapat mengakses sesuatu yang membutuhkan izin admin / melakukan perubahan terhadap komputer

Mengaktifkan account administrator built in 

Cara I

  • Pada start menu klik kanan pada "Computer" lalu klik "Manage"
  • Setelah muncul jendala baru seperti pada gambar, pilih "Local users and groups" pada menu tree sebelah kiri lalu double klik pada folder "Users"
  • Pada daftar account yang ada, klik kanan pada account administrator yang memiliki description built in dan klik "Properties"

  • Setelah muncul tampilan propertiens, hilangkan centang pada pada bagian "Account is disabled" dan terakhir klik "OK"

Cara II

  • Buka command promp" sebagai admin dengan cara klik kanan pada command prompt lalu klik "Runs as administrator".
  • Pada command prompt ketik "net user administrator /active:yes" lalu Enter, jika sukses akan ada pesan seperti pada gambar 2. (administrator yang diketikan di command prompt bisa diganti dengan nama yang lain, jika kita pernah merubah nama adminnya. Administrator adalah nama default dari windows).



Cara III

  • Pada star menu tulis pada kotak pencarinya "Local security policy" lalu enter

  • Pada jendela baru yang terbuka masuk ke "security options" yang ada pada menu local policies disebelah kiri 


  • Pada security options, double klik pada "Accounts: Administrator account status" lalu pilih "Enable" dan klik "Ok"


Sekian artikel tentang cara mengaktifkan user account administrator built-in di windows 7, semoga bermanfaat :). Baca juga Cara membuat user account baru di windows 7 & XP

0 Response to "Cara mengaktifkan user account administrator built in di windows 7"

Post a Comment