Urutan warna kabel UTP pada Cross dan Straight

Kabel UTP (Unshielded twisted-pair) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusaka, tapi tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik. Baca juga Macam - macam jaringan komputer.
Fungsi kabel UTP yaitu dapat digunakan sebagai kabel untuk jaringan Local Area Network (LAN) pada sistem network/jaringan komputer dan biasanya Kabel UTP memiliki impendansi kurang lebih 100 Ohm dan tersedia dalam beberapa kategori yang ditentukan dari kemampuan transmisi data yang dimilikinya.
Beberapa jenis kabel UTP antara lain : Category 1 (Cat1), Category 2 (Cat2), Category 3 (Cat3), Category 4 (Cat4), Category 5 (Cat5), Enhanced Category 5 (Cat5e), Category 6 (Cat6), Category 7 (Cat7). Kabel UTP yang umumnya digunakan pada jaringan yang berbasi ethernet adalah digunakan kabel cat5 yang berkecepatan 100Mbps. Dalam pemasangannya sendiri kabel UTP memiliki urutannya tersendiri untuk setiap perangkat jaringan yang ingin dihubungankan menggunakan kabel UTP. Berikut adalah urutan warna pemasangan dari kabel UTP :

CROSSOVER

Ujung 1


Putih - Orange --> Orange

Putih - Hijau --> Biru

Putih - Biru --> Hijau

Putih - Coklat --> Coklat

Ujung 2


Putiih - Hijau --> Hijau

Putih - Orange --> Biru

Putih - Biru --> Orange

Putih - Coklat --> Coklat

Penggunaannya :
Untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama, seperti komputer ke komputer, hub ke hub, switch ke switch.

Straight-Through

Ujung ke Ujung sama

Putih - Orange --> Orange

Putih - Hijau --> Biru

Putih - Biru --> Hijau

Putih - Coklat --> Coklat

Penggunaannya :
Untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda, seperti komputer ke hub, komputer ke switch, hub ke router.

Sekian artikel tentang urutan warna kabel UTP pada cross dan Straight, semoga bermanfaat :). Baca juga Macam - macam jaringan komputer



1 Response to "Urutan warna kabel UTP pada Cross dan Straight"