Pengertian, fungsi dan macam - macam HUB

Pengertian HUB

Hub adalah perangkat paling sederhana dalam suatu jaringan, karena tidak memerlukan konfigurasi khusus dalam penggunaannya. Hub berfungsi sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan, penguat sinyal, dan juga sebagai konsentrator. Baca juga Pengertian Switch.

Cara kerja 

Hub berkerja dengan cara Ketika sebuah paket tiba di salah satu port, paket itu akan disalin ke port-port yang lain di hub. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua simpul yang terhubung ke hub. Hal ini menyebabkan unjuk kerja jaringan akan lambat dan Hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing-masing port. Jadi ketika hanya satu PC yang menggunakan, akan mendapat akses bandwith yang maksimum yang tersedia. Namun, jika beberapa PC beroperasi atau di gunakan pada jaringan tersebut, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC, sehingga akan menurunkan kinerja jaringan.

Berdasarkan fungsinya Hub terbagi menjadi 2 :
  • Pasif Hub : Hub yang berfungsi sebagai pembagi jaringan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga tidak membutuhkan  aliran listrik tambahan
  • Aktif Hub : Hub yang berfungsi sebagai penghubung jalur fisik dan penguat sinyal
Hub pada dasarnya yaitu sebuah pemisah sinyal (signal splitter). Disaat ada satu paket yg masuk ke satu port di hub, maka dapat tersalin ke port yang lain di hub yang sama & semua komputer yang tersambung di hub yg sama bisa membaca paket tersebut.

Setiap host yg tersambung ke hub dapat melihat paket ini tapi hanya host yg ditujukan saja yg dapat memprosesnya. Ini akan menyebabkan masalah network traffic, lantaran paket yang ditujukan ke satu host sebenarnya dikirimkan ke seluruh host.

Kelebihan dan kukurangan HUB

Kelebihan dari hub sendiri adalah memungkinkan pengguna untuk berbagi pada jalur yang sama ,memiliki banyak port (4 sampai 24 port ditambah 1 untuk ke server atau hub yang lain.). Sedangkan kekurangan dari hub adalah karena dapat berbagi jalur yang sama maka kecepatan komunukasinya juga harus dibagi dengan hub lainya.

0 Response to "Pengertian, fungsi dan macam - macam HUB"

Post a Comment