cara mengganti / merubah IP address komputer di windows 7

Pada artikel kali ini, akan di perlihatkan cara mengganti IP address pada windows 7. IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain, IP Address terbagi menjadi 2 versi, yaitu IP Address versi 4 dan IP Address versi 6. IP Address versi 4 terdiri dari 4 Blok dan setiap Blok di isi oleh angka 0 - 255. Contoh IP Address seperti 192.168.100.1 , 10.57.38.223 sedangkan pada IP Address versi 6 terdiri dari 8 Blok yang setiap blok di isi oleh bilangan hexadesimal. Pada artikel ini, akan dicontohkan cara mengganti IP Address versi 4 (Ipv4) pada sistem operasi windows 7. Baca juga Belajar subnetting.

IP Address Memiliki 2 bagian, yaitu Network ID dan Host ID , contoh 192.168.100.1 , secara default Net ID nya adalah 192.168.100 dan Host ID nya adalah 1, agar komputer bisa saling terhubung , IP yang digunakan Net ID nya harus sama, dan Host ID nya harus berbeda. Agar mudah ngerti, Net ID adalah nama jalan dan Host ID adalah nomor Rumah, jika nama jalan dari beberapa orang sama, maka nomor rumah mereka tidak mungkin sama. Berikut adalah langkah - langkah cara mengganti IP address di windows 7 :
  • Klik "start menu" lalu klik "Control Panel".
  • Pada jendela control panel klik "Network and Internet".
  • Lalu pada jendela network and internet pilih "Network and Sharing Center".
  • Pada jedela network and sharing center pilih "Change adapter settings" yang ada pada menu sidebar sebelah kiri. 
  • Klik kanan pada "Local Area Conection"  lalu pilih "Properties".


  • Lalu pada jendela local area conection properties pilih "Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4)" lalu klik "Properties" atau juga bisa dengan langsung double klik pada internet protocol version 4 (TCP/IPv4).



  • Klik pada "Use the following IP address" lalu isikan IP address, default gateway dan DNS-nya. lalu klik "Ok" dan "Ok" lagi.


Sekian artikel tentang cara mengganti IP address di windows 7 :). Baca juga Belajar subnetting

    0 Response to "cara mengganti / merubah IP address komputer di windows 7"

    Post a Comment