Mengenal Virus Malware Ransomware WannaCrypt


Ransomware adalah virus yang mencegah penggunanya menggunakan komputer dan meminta penggunanya untuk melakukan sesuatu sebelum komputer dapat digunakan kembali. Virus ransomware dapat mencegah penggunaan komputer, mengenkripsi file sehingga tidak dapat digunakan, dan membuat aplikasi tertentu tidak dapat digunakan. Biasanya pengguna yang terkena virus ransomware akan diminta sejumlah mengirimkan sejumlah uang atau harus mengikuti survey agar dapat menggunakan komputernya kembali. Sejak beberapa hari yang lalu dunia dihebohkan dengan virus ransomware wanna crypt karena banyaknya negara di dunia yang terinfeksi virus tersebut, termasuk indonesia. Virus ransomware wannacrypt sendiri adalah virus yang meng enkripsi file sehingga tidak dapat digunakan dan agar dapat digunakan kembali si pengguna yang terserang virus tersebut harus mengirimkan sejumlah uang agar file yang terinfeksi virus tersebut dapat digunakan kembali. Di indonesia sendiri, Kominfo sudah mengeluarkan pemberitahuan mengenai serangan malware ransomware wannacrypt dan bagaimana cara mencegahnya.

Baca Juga


Langkah - Langkah Mencegah Virus Ransomware WannaCrypt

Berikut adalah cara beberapa cara untuk mencegah dari serangan malware ini :
1. Sebelum menyalakan komputer, matikan koneksi jaringan yang ada (Kabel LAN / WIFI)
2. Setelah semua koneksi jaringan dimatikan, backup semua data yang ada pada komputer ke media lain seperti hardisk eksternal.
3. Setelah semua data ter-backup baru aktifkan kembali koneksi jaringan yang biasa digunakan.
4. Pastikan antivirus ter-update dan mencakup virus ransomware
5. Lakukan update security pada windows dengan menginstall patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoft pada https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
6. Matikan fungsi macros
7. Non-aktifkan fungsi SMB v1
8. Block port 139/445 & 3389

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat dan dapat membantu untuk mencegah serangan virus malware ransomware wannacrypt menginfeksi komputer kita.

0 Response to "Mengenal Virus Malware Ransomware WannaCrypt"

Post a Comment