Cara membuat bootable flashdisk windows 7 / 8 / 8.1 / 10 dengan universal USB installer

Bootable flashdisk adalah suatu cara booting komputer menggunakan flashdisk dan umumnya digunakan untuk membuat bootable sistem operasi untuk penginstallan sistem operasi jika pada perangkat komputer yang dipakai tidak terdapat CD/DVD drive atau hanya mempunyai file ISO sistem operasi yang akan di install maka cara booting dengan flashdisk digunakan. Selain melalui cmd/command prompt, bootable usb/flashdisk dapat juga dibuat dengan bantuan software tambahan dan pada artikel ini akan diperlihatkan cara membuat bootable windows 7 menggunakan software. Banyak software - software yang dapat digunakan untuk membuat bootable flashdisk namun pada artikel ini akan di perlihatkan cara membuat bootable usb menggunakan software universal USB installer.

Universal USB Installer alias UUI adalah USB Creator Linux Live yang memungkinkan anda untuk memilih dari pilihan distribusi linux untuk memakai USB Flash Drive. Universal USB Installer mudah digunakan. Cukup memilih distribusi linux live, file ISO, flash drive dan klik install. Setelah selesai, anda harus memiliki siap untuk menjalankan bootable USB Flash Drive dengan pilih sistem operasi anda terinstall. Walaupun universal USB Installer disediakan untuk membuat bootable sistem operasi linux, namun universal USB Installer memungkinkan untuk membuat bootable sistem operasi lainnya seperti windows dan masih banyak lagi. Universal USB Installer juga dapat membuat lebih dari 1 sistem operasi yang ada pada bootable.

Bootable USB Flash Drive Requirements :
  • Universal-USB Installer-1.9.6.8.exe
  • Windows XP/Vista/7/8/10 or WINE to create the USB (Win 98/2K WILL NOT Work!)
  • *Fat16, Fat32, or NTFS fromatted Flash Drive. MBR partition only GPT will not work!
  • PC with a BIOS that can boot from USB

Langkah - Langkah Membuat Bootable Flashdisk

Berikut adalah cara membuat bootable flashdisk windows 7 dengan universal USB installer
  1. Download universal USB installer di https://www.pendrivelinux.com/universal-usb-installer-easy-as-1-2-3/
  2. Pasang flashdisk dan buka universal USB installer yang sudah di download lalu klik I Agree
  3. Jalankan langkah berikut secara berurutan :
  4. - Pilih sistem operasi yang akan dijadikan bootable
    - Klik Browse, pilih file ISO sistem operasi yang akan dijadikan bootable flashdisk
    - Pilih flashdisk yang akan dijadikan bootable dan centang bagian "Format ....."  lalu klik Create dan klik OK


  5. Tunggu hingga proses selesai dan terakhir klik Close lalu restart komputer dan booting melalui flashdisk untuk menguji bootable flashdisk yang sudah dibuat

Untuk cara membuat bootable flashdisk menggunakan software - software yang lain, akan diperlihatkan pada artikel - artikel lainnya :).

0 Response to "Cara membuat bootable flashdisk windows 7 / 8 / 8.1 / 10 dengan universal USB installer"

Post a Comment